Home » , » Ini Kesempatan Bagi Mahasiswa Teknik untuk Ikut Lomba Go Green

Ini Kesempatan Bagi Mahasiswa Teknik untuk Ikut Lomba Go Green

JAKARTA - Mahasiswa jurusan bisnis dan teknik di Indonesia mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kompetisi Go Green in the City (GGITC) dengan menciptakan solusi energi yang inovatif yang dapat diterapkan di perkotaan.
Schneider Electric, perusahaan spesialis global di bidang manajemen energi meluncurkan edisi ke dua GGITC itu. Perusahaan tersebut telah meraih sukses dan menjaring minat begitu banyak mahasiswa dan universitas dari seluruh wilayah Indonesia dengan menerima lebih dari 80 proposal.
Riyanto Mashan, Country President Shcneider Electric Indonesia, mengatakan pada pelaksanaan GGITC 2013, tim Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, telah terpilih sebagai pemenang ke tiga di East Asia Go Green in the City 2013.
Mereka telah bersaing dengan sejumlah negara Asia Timur lainnya seperti Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam. Tim itu menampilkan program yang berjudul ‘Floating Clinic’ (Puskesmas Apung). 
“Program ini adalah sebuah ide orisinil yang mengetengahkan solusi untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia, terutama mereka yang tinggal di daerah terpencil, dengan manajemen energi yang lebih baik, yaitu dengan menggunakan tenaga surya,” kata Riyanto, dalam rilisnya.

Setelah menang di tingkat regional, pada Juli 2013, mereka diberangkatkan ke Paris untuk bertanding dalam tahap final di tingkat global.
Ada beberapa tahap lomba yang perlu dilalui. Pertama 15 November 2013-15 Februari 2014, mahasiswa bisnis dan teknik (tingkat 2 dan selanjutnya), juga mahasiswa master atau MBA dapat mengikuti kompetisi ini melalui www.gogreeninthecity.com dengan membentuk tim yang terdiri dari dua orang, salah satu harus perempuan. Para calon peserta mengikuti kuis online bertema Kota Pintar.
Pada 28 Februari 2014, 5 semifinalis dari Indonesia akan diumumkan dan memiliki waktu satu bulan untuk mengerjakan studi kasus dan dibantu oleh mentor dari karyawan Schneider Electric.
Pada 13 Maret 2014 dilaksanakan tahap final untuk tingkat nasional di Jakarta. Kelima finalis akan memberikan presentasi mengenai kasus bisnis/solusi efisiensi energi mereka di depan tim juri yang berkompeten.
Akan terpilih 2 tim pemenang yang berhak menerima hadiah sebesar total Rp45 juta. Lalu pada April 2014, dua tim pemenang tahap final di Indonesia akan bertanding dengan peserta dari Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam untuk memperebutkan kesempatan menjadi juara East Asia Go Green in The City 2014..
Kemudian pada Juli 2014, 12 tim terbaik dari seluruh dunia akan diundang ke Paris untuk bertanding di tingkat global di kantor pusat Schneider Electric di Rueil-Malmaison. Tim pemenang berhak atas perjalanan keliling dunia dengan fasilitas VIP, mengunjungi berbagai fasilitas perusahaan, menjalin networking dengan karyawan dan manajemen Schneider Electric, dan pada akhirnya berpeluang untuk bekerja di Schneider Electric

0 comments:

rose
 
Support : KOMINFO FKMTEI | Depid Prasetyo U | IMTE Polines
Copyright © 2013. FKMTE INDONESIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by KOMINFO FKMTEI
Proudly powered by Blogger